Home » , » Tips Mudik - Waspada Terhadap 15 Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Saat Arus Mudik

Tips Mudik - Waspada Terhadap 15 Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Saat Arus Mudik

Posted by Alnindo News on Rabu, 06 Juni 2018



ALNews, Jakarta - Tak ada orang yang ingin terlibat insiden kecelakaan dalam berlalu lintas. Karena kecelakaan menimbulkan banyak kerugian, tak hanya kehilangan materi tetapi juga nyawa. Setidaknya ada 15 faktor penyebab terjadinya kecelakaan dan itu bisa terjadi oleh semua pengemudi baik usia muda maupun yang telah berpengalaman.


Berikut ini faktor-faktor kecelakaan yang sering terjadi dalam berlalu lintas saat arus mudik.

1. Mengalihkan Perhatian saat Mengemudi

Kecelakaan paling utama terjadi karena mengalihkan perhatian dari jalan, seperti halnya berbicara melalui sambungan telepon, membaca pesan, hingga mengemudi sembari makan.


2. Melaju dengan Kecepatan Tinggi

Meski jalan raya, namun pada dasarnya pengemudi wajib mengetahui batas-batas kecepatan mobil, mulai dari batas kecepatan di pemukiman, jalan raya, hingga jalan bebas hambatan ( jalan tol ). Semuanya sudah ada aturannya.


3. Minum Alkohol atau Obat-obatan

Minum-minuman dilarang. Apalagi jika sampai mabuk dang mengemudi. Pengemudi yang terpengaruh minuman beralkohol kerap tak sadarkan diri, bahkan dapat memacu kendaraannya secara agresif.


4. Cuaca

Cuaca buruk kerap terjadi saat hujan dan berkabut. Sebab, jalanan bisa menjadi licin, dan jika berkabut kondisi jalan tidak terlihat sehingga kendaraan lebih sering kehilangan kontrol dan tergelincir.


5. Menerobos saat Lampu Merah

Lampu lalu lintas perlu diperhatikan. Bahkan menerobos lampu merah tak hanya sekadar menyebabkan kecelakaan tapi juga menyebabkan kematian.


6. Berhenti tidak pada tempatnya

Setiap tahun disebutkan terjadi kecelakaan lantaran pengemudi berhenti tidak pada tempatnya atau di sembarang tempat.


7. Pengemudi Remaja

Seakan baru mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM), para pengemudi muda biasanya tak bisa menahan emosi ingin memacu kendaraan dengan cepat dan kurang pengalaman berkendara.


8. Mengemudi di Malam Hari

Meski jalanan terlihat kosong pada malam hari, namun faktanya resiko kecelakaan lalu lintas dapat meningkat 2x lipat pada malam hari.


9. Mobil Bermasalah

Mobil memiliki ratusan hingga ribuan komponen, dan semuanya berpotensi mengalami kerusakaan serta menyebabkan kecelakaan. Tak jarang para pabrikan kerap mengalami cacat produksi. Untuk itu, periksa kondisi kendaraan sebelum mengemudi termasuk rem, bensin, oli, mesin dan lain sebagainya.


10. Berhati-hati saat Melewati Tikungan atau Pindah Jalur

Pengemudi harus lebih berhati-hati saat melewati tikungan atau pindah jalur. Perhatikan, untuk menyalakan lampu sein saat melewati tikungan ataupun pindah jalur. Jika tidak menyalakan lampu sein, maka tentu saja hal ini akan lebih berbahaya baik dari arah depan maupun belakang.


11. Mengemudi pada Arus yang berlawanan

Tak sedikit pengemudi yang ingin melaju dengan cepat sampai tujuan. Parahnya melawan arus menjadi pilihan lantaran memutar balik dianggap terasa jauh. Padahal, melawan arus menjadi masalah dan berbahaya bagi semua pengendara maupun pejalan kaki.


12. Melanggar Rambu Lalu Lintas

Ada baiknya pengemudi mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Sebab rambu dibuat untuk keselamatan dan juga untuk kepentingan bersama.


13. Tidak Menjaga Jarak Aman

Tak sedikit pengemudi yang merasa hebat, sehingga yang terjadi adalah mengabaikan jarak aman. Padahal, jika kendaraan di depan melakukan pengereman, maka mobil di belakang bisa saja kehilangan momentum baik untuk melakukan pengereman maupun berbelok.


14. Emosi

Mengemudi mobil butuh pengendalian emosi, sebab tak jarang pengemudi terpancing emosi hingga terjadi kebut-kebutan yang beresiko terjadi kecelakaan.


15. Kondisi Jalan

Kondisi setiap jalan pasti berbeda, mulai dari berlubang hingga terdapat benjolan / tanjakan. Hal inilah yang dapat menyebabkan kecelakaan


sumber : https://www.liputan6.com/ramadan/read/3541352/saat-mudik-waspada-terhadap-15-faktor-penyebab-kecelakaan-lalu-lintas

Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics