Home » » 10 Kuliner Tradisional Khas Nusa Tenggara Barat yang Wajib Kamu Cicipi

10 Kuliner Tradisional Khas Nusa Tenggara Barat yang Wajib Kamu Cicipi

Posted by Alnindo News on Senin, 25 Maret 2019


Makanan Khas Nusa Tenggara Barat – Sebagai destinasi wisata favorit, daerah Nusa Tenggara Barat, khususnya Pulau Lombok, sudah terkenal tidak hanya di kalangan pelancong tanah air, namun hingga mancanegara.
Bukan pemandangan aneh lagi ketika melihat kawasan-kawasan wisata di Lombok penuh dengan turis asing. Nah, tentunya soal kuliner khas Lombok, Nusa Tenggara barat juga memiliki banyak santapan khas yang siap menggoyang lidah. Apa saja Makanan Khas Nusa Tenggara Barat? Yuk, simak di bawah ini!

Makanan Tradisional Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat

1. Ayam Taliwang

Sumber gambar: Kompas
Kuliner khas Lombok satu ini tentunya sudah begitu terkenal hingga menjadi ciri khas kuliner paling ikonik dari Pulau Lombok. Rasanya kurang lengkap bila melancong ke Lombok tanpa menyantap Ayam Taliwang. Rasa ayamnya yang mantap, dilengkapi dengan bumbu cocol gurih membuat hidangan ini menjadi makanan khas favorit di Lombok.

2. Sate Bulayak

Sumber gambar: Merah Putih
Makanan Khas Nusa Tenggara Barat selanjutnya adalah Sate Bulayak. Nama bulayak dari sate ini berasal dari ketupatnya, yakni ketupat bulayak berbentuk bulat panjang dan dibungkus daun aren. Bumbu yang membaluri Sate Bulayak terbuat dari adonan khusus campuran kemiri dan Santan Kelapa.

3. Sate Pusut

Sumber gambar: Tokopedia
Selain Sate Bulayak, sate yang terkenal sebagai makanan khas Lombok adalah Sate Pusut. Bentuk sate ini sangat mirip dengan Sate Lilit ala Bali, lengkap dengan Tusuk Sate besar. Bedanya, jika Sate Lilit terbuat dari bahan dasar ikan, maka kuliner khas Lombok ini dibuat dari daging sapi dengan serpihan kelapa, memberikannya rasa gurih yang tiada tara!

4. Sate Rembige

Sumber gambar: Detik
Nama Sate Rembige diambil dari dari nama daerah tempat sate ini berasal: Rembige, Kota Mataram. Makanan tradisional khas Nusa Tenggara Barat ini terkenal dengan sensasi rasa bumbunya yang tajam, mengeluarkan aroma yang sangat menggoda ketika dibakar. Biasanya, Sate Rembige disajikan bersamaan dengan lontong atau nasi.

5. Plecing Kangkung

Sumber gambar: Kuliner Nasional
Makanan Khas Lombok, Nusa Tenggara Barat satu ini merupakan salah satu hidangan sayur paling populer di kalangan masyarakat NTB. Tidak lengkap rasanya menyantap hidangan Lombok tanpa ditemani Plecing Kangkung. Selain kandungan Plecing Kangkung yang pastinya menyehatkan, rasa sambalnya dijamin nendang!


6. Kelaq Kelor

Sumber gambar: Merah Putih
Selain Plecing Kangkung, Sayuran Segar yang juga populer di antara Makanan Khas Nusa Tenggara Barat lainnya adalah Kelaq Kelor. Kuliner khas Lombok ini dimasak dari daun kelor dan sayur-sayuran hijau lain yang dimasak dengan kuah bening. Selain menyegarkan, khasiat yang terkandung pada sayuran ini juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

7. Beberuq Terong

Sumber gambar: Kaskus
Buat pecinta olahan sayur terong, Beberuq Terong bisa jadi makanan khas NTB favoritmu yang baru! Andalah masakan terong dari Lombok ini dibuat dari bahan dasar lalapan terong dengan kacang panjang, dibaluri sambal tomat pedas yang lezat. Mendengarnya saja sudah sangat menggoda selera!

8. Bebalung

Sumber gambar: Masakan Dapurku
Nama “Bebalung” berasal dari kata dalam bahasa sasak, yang berarti “tenaga”. Memang kuliner khas Lombok Nusa Tenggara Barat yang merupakan olahan daging sapi lembut ini dijamin untuk menjadi sumber stamina. Sambal Bebalung sendiri biasanya terdiri dari jahe, kunyit, dan lengkuas – menghadirkan aroma dan rasa yang menggugah lidah.

9. Cerorot

Sumber gambar: Kintamani
Kue Cerorot adalah salah satu jajanan tradisional khas yang populer di NTB. Cerorot merupakan kue khas adat Sasak yang terbuat dari tepung beras, Santan Kelapa, dan gula merah. Kue Cerorot dibalut dengan janur atau daun kelapa muda yang dililit membuat bentuk menyerupai terompet.

10. Nagasari

Sumber gambar: Liputan 6
Jajanan manis khas Lombok satu ini terbuat dari Tepung Beras. Nagasari biasanya menjadi camilan favorit untuk acara-acara besar, seperti lebaran dan pernikahan. Tekstur kuliner khas Lombok Nusa Tenggara Barat ini lembut sehingga membuatnya cocok untuk semua kalangan.
Nusa Tenggara Barat memang selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi para pelancong lokal maupun mancanegara. Alamnya yang indah, dari gunung hingga pantai, menjadi alasan nomor 1 wisatawan rela menempuh perjalanan jauh untuk mencapainya. Nah, Toppers berencana untuk ke Lombok?
 


Thanks for reading & sharing Alnindo News

Previous
« Prev Post

Advertisement

alnindo electronics